Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tingkat keberhasilan dalam pembelajaran IPS. Penyebab kurangnya tingkat keberhasilan dalam materi aku dan cita-citaku dikarenakan penerapan variasi model pembelajaranyang kurang dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Role Play pada mata pelajaran IPS materi aku dan cita-citaku terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Toboali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Experimental Design, dengan Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD Muhammadiyah Toboali yang sampelnya dua Kelas. KelassIVAssebagai kelasskontrollberjumlah 25ssiswa dannKelas IVB sebagaiikelompokkeksperimen berjumlahh25ssiswa. Adapun instrumen pengumpulan data berupa butir soal uraian yang terdiri dari 10 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji t-test sampel related (polled varians). Hasil penelitian menunjukkan hasillposttesttlebihhbesarrdariihasillpretest, yaitu kelas eksperimen dengan nilai 84,80 dan kelas kontrol 66,00. Berdasarkannhasilluji hipotesis diperolehhthitung>ttabel yaitu 15,94 > 2,060 artinya Hadditerima. Dengan demikianndapat disimpulkannbahwa terdapattpengaruh modellpembelajarannRole Play pada mata pelajaran IPS materi akuudanncita-citaku terhadapphasil belajarrsiswaakelas IV SD Muhammadiyah Toboali.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023