Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan mengenai ”Pengaruh Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 5 Puding Besar pada Mata Pelajaran IPS Materi Keragaman Budaya Indonesia”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Tanya Jawab dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri 5 Puding Besar pada mata pelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode “Quasi Eksperimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design”. Teknik penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian ini merupakan kelas IV A 25 peserta didik dan kelas IV B 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes pretest, dan posttest yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan uji t-test. Hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai statistik thitung= 3,509 > ttabel= 2,011 maka hal ini menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode tanya jawab yang signifikan terhadap hasil pembelajaran IPS materi keragaman budaya Indonesia di kelas IV SD Negeri 5 Puding Besar
Copyrights © 2024