Manajemen kesiswaan menjadi salah satu yang terpenting dalam pembentukan karakter santri. Oleh sebab itu, sebagai usaha mempersiapkan santri agar ketika lulus ia menjadi seseorang yang berperilaku baik, maka lembaga pendidikan harus membentuk dan mendidik karakter santri agar sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu mengarahkan manusia untuk mengembangkan potensi diri baik jasmani maupun rohani yang sejalan dengan nilai dan norma masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan 1). Bagaimana manajemen kesiswaan di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang 2). Bagaimana adabul ‘alim wal muta’allim dalam pembentukan karakter di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang 3). Bagaimana manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter melalui kitab adabul ‘alim wal muta’allim di Madrasah Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut peneliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala bidang kurikulum dan kesiswaan, guru, santri, dan beberapa asatidz madrasah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen kesiswaan di madrasah tersebut dirancang untuk menanamkan karakter santri sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam kitab Adabul 'Alim wal Muta'allim.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024