Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi dan menganalisis berbagai aspek yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum PAUD. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yalitu penelitian kualitatif. Keberhasilan pada impelemntasi kurikulum ini dipengaruhi oleh peran fasilitator dalam menerapkan pembelajaran berbasis kerangka kerja yang terorganisasi yang memut rencana, isi, dan tata cara pembelajaran sebagai sarana bagi peserta didik untuk meningkatkan mutu pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. Dalam survei dan observasi disekolah PAUD adzikra ditemukan bahwa lembaga PAUD yang telah menerapkan pendekatan kurikulum yang lebih fleksibel dan inovatif, seperti Kurikulum Merdeka dan STEAM, menunjukkan hasil yang lebih baik dalam hal perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak. penerapan kurikulum merdeka dan inovasi yang dikembangkan gurunya sangat efektif. Selain itu, hasil survei menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kurikulum PAUD. Ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara pendidik, orang tua, dan komunitas dalam pengembangan kurikulum yang efektif.
Copyrights © 2025