Synchronize Festival merupakan sebuah festival musik tahunan yangberhasil menyatukan para artis lokal dengan berbagai genre musik. SynchronizeFestival sukses membuktikan komitmennya dalam menciptakan pengalamanmenarik bagi penikmat musik melalui promosi aktif di media sosial. Dalammenghadapi persaingan festival musik, penyelenggara Synchronize Festival dituntutuntuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dibandingkan dengan parakompetitor lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, strategi komunikasipemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam rangka untukmempromosikan produk/ jasa yang ditawarkan kepada audiens. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran AISAS denganpendekatan rasional dan emosional pada konten Instagram Synchronize Festival2023. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif denganmengambil studi kasus festival musik yang diselenggarakan oleh Demajors. Dalampenelitian ini terdapat pengkajian pada aspek visual konten Instagram SynchronizeFestival yang dibatasi pada aspek warna dan gaya ilustrasi, serta pengkajian padaaspek efektivitas dalam menarik minat pengunjung. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa penggunaan kombinasi gaya ilustrasi komikal khas 80-90an dengan warnacerah tekstur grunge dan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan olehSynchronize Festival 2023 dengan model AISAS, berhasil dalam meningkatkan minatpengunjung terhadap acara tersebut. Hal ini didasarkan pada kenaikan engagementmedia sosial Instagram mereka sebesar 102,12% dalam periode 2022 hingga 2023.
Copyrights © 2024