Peningkatan kualitas hasil belajar Al-Qur’an Hadis menjadi fokus utama dalam upaya pengembangan pendidikan di MI Miftahul Ulum Braja Harjosari, Kecamatan Braja Selebah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menganalisis perubahan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Reward and Punishment, serta mengevaluasi efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa kelas IV, dengan komposisi 14 peserta didik putri dan 10 peserta didik putra. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar angket respon peserta didik, lembar aktivitas guru, dan hasil tes belajar, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa, dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 34%, meningkat menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 83% pada siklus II. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan model Reward and Punishment berhasil meningkatkan proses dan hasil belajar sesuai dengan target yang diharapkan.
Copyrights © 2025