ihyaulum
Vol 3 No 1 (2025): Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal

Pemanfaatan Media Daur Ulang Dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini

Wati, Harmila (Unknown)
Nirwana, Nirwana (Unknown)
Nurdiansyah, Erwin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media daur ulang oleh pendidik dan menganalisis peningkatan kreativitas anak usia dini kelompok A TK Tunas Sejahtera Majannang melalui kegiatan tersebut. Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembngan anak usia dini, dan pemanfaatan bahan-bahan daur ulang diyakini dapat menjadi stimulus yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran, wawancara mendalam dengan pendidik, dan dokumentasi hasil karya anak serta catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara tematik dan deskriptif, mengidentifikasi pola-pola penggunaan media daur ulang dan perubahan indikator kreativitas anak seperti orisinalitas, fleksibilitas, elaborasi, dan kelancaran ide. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik secara aktif memanfaatkan berbagai jenis bahan daur ulang dalam kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk mendorong eksplorasi dan imajinasi anak. Lebih lanjut, temuan penelitian mengindikasikan adanya peningkatan yang signifikan dalam berbagai aspek kreativitas anak setelah mengikuti kegiatan yang terintegrasi dengan pemanfaatan media daur ulang secara berkelanjutan. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi anak untuk bereksperimen, memecahkan masalah, dan menghasilkan karya unik dan personal. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan media daur ulang merupakan pendekatan yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di TK Tunas Sejahtera Majannang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihyaulum

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Ihya Ulum: Early Childhood Education Journal is a research-based journal that contains the latest issues in educational development in the field of Early Childhood Education. This journal is published by the Early Childhood Education Teacher Education Study Program, Faculty of Teacher Training and ...