Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 2 (2016): Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam

MENGELOLA KECERDASAN EMOSI

Ely Manizar HM (Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2017

Abstract

Emosi adalah salah satu potensi yang dimiliki manusia sejak lahir dan akan berkembang sesuai dengan lingkungannya. Peran guru sangat besar dalam mengembangkan emosi siswa agar emosinya menjadi cerdas , karena kecerdasan emosi akan menghasilakn siswa yang berkualitas dan sukses dalam kehidupannya. Mengenal kecerdasan emosi siswa antara lain dengan cara mengenal emosi diri, mengelolah emosi dan memotivasi diri sendiri. Mengelola kecerdasan emosi dimulai anak usia dini, melalui  naskah emosi yang sehat dan diinternaliasikan oleh anak dalam berinteraksi dengan orang lain. Didalam proses pembelajaran mengelolah kecerdasan emosi dengan menciptakaan emosi yaang positif pada diri anak serta membuat lingkungan belajar yang menyenangkan. Muatan pembelajaran tidak terlalu sarat dengan muatan aspek kognitif tetapi diperluas denngan aspek psikomotorik dan afektif sehingga kecerdasan emosi dapat terbangun. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Tadrib

Publisher

Subject

Education Environmental Science Library & Information Science Mechanical Engineering Social Sciences

Description

Journal Tadrib focus on the issues that are related in Islamic Education, including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic Educational Philosophy, Lesson Plan, Lesson Design, Lesson Media, ...