Koperasi pemasaran dapat membantu UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi inklusif. Koperasi dapat membantu UMKM dalam pemasaran produk, akses permodalan, dan peningkatan kapasitas, sehingga berkontribusi pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggota, serta pemerataan ekonomi di daerah. Koperasi Pemasaran memainkan peranan penting dalam Upaya meningkatkan Omzet pendapat pelaku UMKM di Indonesia, Peningkatkan Omzet para pelaku UMKM secara langsung berdampak kepada peningkatan pertumbuhan Ekonomi Inklusif yang berdampak langsung bagi Masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan riset kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha di Indonesia adalah pelaku UMKM dan penghasilkan GDP sekitar 4 % untuk pertumbuhan GDP di Indonesia. Perlu dikaji lebih lanjut peranan-peranan lain dari Koperasi seperti peranan koperasi sebagai akses permodalan bagi UMKM di Indonesia dan kaitannya dengan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025