Edukimia
Vol 6, No 2 (2024): Edukimia - Vol. 06, Issue 02

Meta Analisis:Integrasi Etnosains Dalam Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Salamah, Umi (Unknown)
Syolendra, Dwi Finna (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek integrasi etnosains dalam pembelajaran kimia terhadap kemampuan berkritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis, menganalisis 9 artikel yang dikumpulkan dari jurnal internasional dan nasional yang tersedia selama tujuh tahun terakhir yang dianalisis. Data dianalisis dengan menghitung nilai effect size dari masing-masing artikel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa untuk berpikir kritis dipengaruhi oleh integrasi etnosains pada pembelajaran kimia sebesar 55,6% dengan kategori tinggi. Ditinjau dari model pembelajaran yang paling banyak digunakan terintegrasi etnosains adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan rata-rata 0,96 kategori tinggi, dibandingkan dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) dan Discovery Learning. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia yang mengintegrasikan etnosains memiliki dampak yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik untuk mengembangkan pemikiran kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukimia

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukimia is an academic journal that published all the studies in the chemistry areas which related to education, learning, teaching, curriculum development, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, research & development, ...