Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 10 No. 1 (2024)

Analisis Kebutuhan Buku Teks Mata Pelajaran Bahasa Inggris Terintegritas Budaya Melayu Riau Kelas X SMA Pekanbaru

Marhamah, Marhamah (Unknown)
Cyntia, Cyntia (Unknown)
Fitri Wulandari (Unknown)
Rahma Sarita (Unknown)
Andhini Alfitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kebutuhan awal untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran berupa buku teks pelajaran bahasa Inggris terintegrasi budaya melayu Riau untuk Siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model penelitian pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian ini yakni guru-guru bahasa Inggris, siswa kelas X SMA di Pekanbaru. Data diperoleh dari observasi, angket, dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis awal yang dilakukan di SMA YLPI Pekanbaru, guru belum mengimplementasikan buku teks terintegrasi budaya Melayu Riau dalam pembelajaran bahasa Inggris karena keterbatasan ketersediaan buku pelajaran yang mengintegrasikan unsur budaya Melayu Riau. Penelitian ini dapat berfungsi sebagai analisis awal kebutuhan buku teks yang dapat menjadi panduan bagi guru dalam menerapkan pembelajaran yang berakar pada kearifan lokal budaya Melayu Riau.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...