Tujuan penelitian ini adalah mengkaji mengenai penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan pramuka di SMPN 54 Surabaya menggunakan indikator evaluasi dari William N Dunn. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumennya menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data dan tampilan data untuk analisisnya. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya berdasarkan indikator dari William N Dunn telah dilakukan dengan baik. Ada lima indikator yang menunjukkan hasil baik. Kelima indikator tersebut adalah indikator efektivitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas dan ketepatan. Sementara itu satu indikator, yaitu efisiensi masih menunjukkan hasil yang masih belum optimal dalam pelaksanaannya, khususnya terkait dengan efisiensi biaya. Ada beberapa perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan karakter di SMPN 54 Surabaya. Pertama, perlu adanya sanksi terhadap pelatih yang terlambat agar tidak memberikan contoh yang tidak baik bagi peserta didik. Kedua, perlu adanya ketegasan bagi para siwa dan wajib ada pembekalan rutin terhadap pembentukan karakter. Ketiga, dukungan dana bagi pelaksanaan pendidikan karakter agar materi pembelajaran dapat berjalan secara maksimal.
Copyrights © 2025