Laundry umum disebut jasa cuci merupakan hal yang lumrah dikalangan masyarakat pada zaman ini, karena dengan adanya jasa laundry sangat membantu masyarakat yang memiliki kesibukan cukup padat, sehingga tidak perlu lagi memikirkan cucian kotor. Banyaknya masyarakat yang menggunakan jasa laundry membuat pihak laundry kesulitan dalam melakukan pendataan, ditambah lagi jumlah pakaian cukup banyak sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan dalam melakukan pendataan dan perhitungan yang kurang akurat. Peneltian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kinerja serta memudahkan dalam mengelola data pelanggan dan transaksi serta dalam pembuatan laporan sehingga meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pendataan dan perhitungan transaksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif mulai dari tahap wawancara sampai observasi langsung ke lapangan. Metode pengembangan yang digunakan yaitu model waterfall karena model ini sangat cocok dan mudah untuk melakukan pengembangan. Hasil dari penelitian ini sangat bermanfaat untuk meningkat kualitas kerja dan tersistematis sehingga mengurangi terjadinya kesalahan dalam pengolahan data, sehingga data yang dihasilkan akan lebih akurat.Kata Kunci: Sistem Informasi, Pendataan Pelanggan dan Pengelolaan Transaksi, Java
Copyrights © 2022