Problematika guru merangkap sebagai tenaga administrasi pengelolaan dana BOS terhadap stres kerja di sekolah dasar negeri salah satunya adalah problematika yang masih belum terpecahkan solusinya, sebab pendidikan di Indonesia masih memiliki banyak sekali problematika.Tanpa disadari stres kerja pada guru meningkat akibat banyaknya problematika, dan tentu ada faktor penyebabnya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai apa saja problematika yang dialami oleh guru selama merangkap sebagai tenaga administrasi pengelolaan dana BOS di kecamatan singorojo kabupaten kendal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang mana penyajian datanya berupa angka-angka didukung dengan diagram lingkaran untuk menggambarkan suatu fenomena yang sedang terjadi sebagai penyampaiannya kepada pembaca. penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa hampir keseluruhan guru di Kecamatan Singorojo mengemban tugas merangkap pengelolaan dana BOS dimana dari tambahan tugas tersebut meningkatkan tingkat stres kerja mereka yang disebabkan oleh tambahan tugas dan tanggung jawab disamping mereka juga memiliki tanggung jawab tugas pokok mereka menjadi guru sebagai pendidik dan pengajar murid-murid yang mereka. Berdasarkan beberapa kuesioner yang sudah disebarkan dimana hasilnya dampak stres kerja dirasakan tidak hanya satu atau dua guru saja melainkan hampir keseluruhan guru merasakan dampak tersebut. Dalam hal ini dampak stres kerja diantaranya ialah menyita waktu dan energi, waktu guru berkurang untuk murid, beberapa guru merasa lebih sering sakit, sering merasa tidak nafsu makan dan bahkan telat makan, pernah merasa ingin putus asa, dan waktu untuk berinovasi dalam pembelajaran tidak ada.
Copyrights © 2024