TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan
Vol 6, No 1 (2024): TADBIR: JURNAL MANAJEMEN DAKWAH FDIK IAIN PADANGSIDIMPUAN

Optimalisasi Manajemen Dakwah Pada Era Digital Oleh Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdatul Ulama

Syuhudi, Irfan (Unknown)
Zen, Muhamad (Unknown)
-, Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Pada era digital saat ini, menjadi faktor eksternal terbesar sebagai ‘angin segar’ dalam penyebaran dakwah Islam yang benar dan juga menjadi pembanding ilmiah dalam menepis segala pemikiran dakwah yang sesat. Kesempatan emas dimanfaatkan oleh lembaga dakwah Pengurus Besar Nahdhatul Ulama (PBNU) dalam mengoptimalisasi dakwah dengan memaksimalkan semua fungsi manajemen khususnya pada fungsi pelaksanaan. Terdapat 4 strategi dalam berdakwah di era digital hingga tercapainya tujuan, antara lain yang pertama dengan memproduksi konten-konten dakwah yang bermanfaat, kedua dengan konten yang menarik, ketiga dengan penyesuaian dakwah di situasi dan kondisi terkini, dan yang terakhir adalah sinergi antar komunitas atau ormas untuk membentuk para juru dakwah yang berstandar. Maka semua itu dibuktikan dengan memanfaatkan kanal online ataupun media sosial secara aktif. Pembahasan ini dibuat hasil dari penelitian kualitatif dari bahan bacaan ilmiah dan sumber informasi dari media online yang terpercaya. Jika upaya ini dilakukan lebih profesionalitas maka akan mudah diakses oleh masyarakat muslim seluruh dunia kapanpun dan dimanapun berada.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Tadbir

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

TADBIR: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan merupakan wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Jurnal ini memiliki skop dan fokus pada Manajemen Dakwah (Tabligh, Cerama, Khotbah dan Kegiatan Dakwah atau Syiar Islam ...