PT. Sulenco Wibawa Perkasa merupakan perusahaan tambang batu andesit di Sungai Purun Kecil, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, dengan target produksi 32.453,27 ton per bulan. Untuk menunjang kegiatan produksi, diperlukan jalan tambang yang memenuhi standar kelayakan, terutama karena diterapkan metode tambang terbuka. Permasalahan yang sering terjadi adalah kerusakan jalan akibat geometri dan daya dukung tanah yang tidak sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kondisi aktual jalan tambang dan merancang desain jalan angkut yang optimal bagi dump truck Hino Ranger FG 235 J. Jalan dibagi menjadi 28 segmen, terdiri dari 15 segmen lurus dan 13 segmen tikungan. Data koordinat diambil menggunakan total station dan diolah dengan AutoCAD, lalu dibandingkan dengan standar AASHTO. Hasil analisis menunjukkan desain jalan yang direkomendasikan yaitu lebar jalan lurus 8,7 meter, jalan tikungan 13,8 meter, jari-jari tikungan 28 meter, superelevasi 4%, dan grade maksimal 8%. Hasil uji CBR pada tiga titik menunjukkan variasi daya dukung tanah, dari sangat tinggi (CBR 340%) hingga sangat rendah (CBR 17%). Untuk hasil penggalian tanah dengan volume 10.651,25 m3 dan penimbunan tanah 828,37 m3 rancangan ini diharapkan dapat meningkatkan kelayakan dan efisiensi jalan tambang. Kata kunci: AASHTO, CBR, daya dukung jalan, desain jalan tambang, geometri jalan.
Copyrights © 2025