Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Manajemen Pendidikan Karakter di SMK Persis 02 Kota Bandung

Pitriani, Leni (Unknown)
Basyari, Ahmad Muharam (Unknown)
Hidayat, Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2024

Abstract

Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian siswa, khususnya di sekolah menengah kejuruan (SMK) yang tidak hanya menyiapkan keterampilan kerja, tetapi juga menanamkan nilai moral dan religius. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter di SMK Persis 02 Kota Bandung. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program keagamaan di SMK Persis 02 dilaksanakan melalui pembiasaan ibadah harian, pengajian rutin, serta kegiatan sosial. Nilai yang dikembangkan meliputi keimanan, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Faktor pendukung keberhasilan program mencakup komitmen guru, lingkungan sekolah yang kondusif, dan keterlibatan orang tua. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan sarana prasarana dan pengaruh lingkungan luar sekolah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pendidikan karakter di SMK Persis 02 memberikan kontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter siswa, meski perlu ditingkatkan pada aspek inovasi metode dan evaluasi berkelanjutan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...