Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 6 (2025): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Karimah Peserta Didik

Rajaman, Rajaman (Unknown)
Idrus, Moh (Unknown)
Solihah, Ade Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Pembinaan akhlak karimah di tingkat sekolah dasar merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter generasi Islam yang unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak karimah peserta didik, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta memberikan solusi pengembangan di SDIT Persis Koja Jakarta Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI, kepala sekolah, komite sekolah, dan peserta didik. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan tiga strategi utama: (1) strategi keteladanan (modelling) melalui contoh perilaku positif dalam keseharian, (2) strategi pembiasaan (habituation) seperti salam, senyum, sapa, shalat berjamaah, dan infaq rutin, dan (3) strategi ceramah dengan metode kisah teladan dan dalil-dalil Al-Quran. Faktor pendukung meliputi keteladanan guru, lingkungan sekolah yang religius, dan sinergitas antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat mencakup minimnya kesadaran siswa, pengaruh lingkungan luar yang kurang kondusif, dan keterbatasan dukungan orang tua. Penelitian menyimpulkan bahwa pembinaan akhlak karimah memerlukan pendekatan holistik dan kolaboratif antara semua stakeholder pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal dalam membentuk generasi Muslim yang berakhlak mulia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...