Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 6 (2025): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Penerapan Pendekatan Deep Learning dalam Pembelajaran Fikih untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa MTs Persis Katapang

Saadah, Tutun (Unknown)
Hidayat, Syarif (Unknown)
Rohaeni, Anie (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih dominannya metode hafalan dalam pembelajaran fikih di madrasah yang berorientasi pada guru. Pola tersebut membuat siswa kurang mampu berpikir kritis dan cenderung memahami fikih secara tekstual tanpa mengaitkannya dengan persoalan kehidupan nyata. Padahal, perkembangan zaman menuntut generasi muslim yang mampu menjawab persoalan kontemporer berdasarkan prinsip syariat Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan pendekatan deep learning dalam pembelajaran fikih di kelas IX MTs Persis Katapang serta menganalisis hasilnya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru fikih dan siswa kelas IX. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta tes berpikir kritis, kemudian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijaga melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan deep learning dilaksanakan melalui perumusan tujuan yang sesuai dengan regulasi pendidikan, penyusunan materi kontekstual, serta penerapan metode interaktif seperti diskusi, studi kasus, discovery learning, dan problem-based learning. Proses tersebut mendorong siswa lebih aktif, kritis, serta mampu mengaitkan fikih dengan fenomena aktual, seperti praktik jual beli daring. Kesimpulannya, penerapan pendekatan deep learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Mereka mampu memahami fikih secara lebih kontekstual, menyusun argumen sistematis berbasis dalil, serta menghasilkan solusi kreatif sesuai prinsip syariat Islam

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...