Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Internalisasi Nilai Nilai Akhlak Melalui Medium Sastra dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Persis 31 Banjaran

Valenti Yusron, Feny (Unknown)
Nugraha, Roni (Unknown)
Komala, Ela (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji internalisasi nilai akhlak melalui sastra (short movie dan puisi) di Madrasah Aliyah, merespons dominasi metode ceramah yang kurang efektif bagi generasi digital. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian mengintegrasikan teori Al-Ghazali, Konstruktivisme Sosial, Pembelajaran Transformatif, dan Estetika Resepsi. Data dikumpulkan via observasi, wawancara, dan analisis dokumen, lalu dianalisis tematik-fenomenologis. Hasil menunjukkan sastra menciptakan pengalaman edukatif emosional dan reflektif, membangkitkan partisipasi aktif serta diskusi kolektif. Proses internalisasi berlangsung melalui paparan, apresiasi, identifikasi, integrasi, hingga implementasi, selaras dengan tazkiyatun nafs. Pendekatan kolaboratif guru dan keragaman interpretasi siswa memperkuat konstruksi makna sosial. Sastra terbukti menyentuh dimensi kognitif, emosional, sosial, dan spiritual secara holistik. Integrasi hikmah Islam dan teori kontemporer menjadikannya model transformatif dan kontekstual. Rekomendasi mencakup pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru, dan inovasi media sastra di lembaga Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...