Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian hadiah terhadap motivasi belajar siswa di MTS Miftahul Huda Bekasi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar, sebagian siswa yang ditandai dengan kurangnya semangat dalam mengikuti pelajaran, serta rendahnya kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi berjumlah 95 siswa, instrument diuji coba pada 20 siswa dan sampel penelitian sebanyak 77 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket skala Likert untuk mengukur variabel pemberian hadiah (X) dan motivasi belajar (Y). Penelitian ini menggunakan program SPSS 20, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket. Analisis data dilakukan menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian hadiah dengan motivasi belajar siswa, dengan persamaan regresi Y = 28,051 + 0,138 X. Artinya jika motivasi belajar naik sebesar 0,138 maka pemberian hadiah juga akan meningkat (naik) sebesar 0,138. Dan hasil Uji t menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel pemberian hadiah yaitu sebesar 0,007 yang dimana lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa variabel pemberian hadiah (X) memiliki pengaruh terhadap variabel motivasi belajar siswa (Y). namun Koefisiensi determinasi yang diperboleh sebesar 0,092. Artinya pemberian hadiah hanya berpengaruh sebesar 9,2% terhadap motivasi belajar siswa, sedangkan 90,8% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Copyrights © 2025