Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2025): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 4 Nomor 2 (October 202

Efektivitas Model Think Pair Share dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya dan Gerak: Penelitian

Aswan Bannang (Unknown)
Ulfiana Djunaid (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menghasilkan serta menguji efektivitas perangkat pembelajaran berbasis model Think Pair Share (TPS) untuk memperdalam pemahaman konsep Gaya dan Gerak pada siswa SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil analisis menunjukkan siswa mengalami kesulitan memahami konsep fisika karena pembelajaran masih bersifat konvensional. Produk yang dikembangkan berupa modul ajar, RPP, dan LKPD berbasis TPS telah divalidasi oleh ahli materi, media, dan pendidik fisika. Nilai rata-rata hasil validasi mencapai 92,88%, menunjukkan bahwa perangkat termasuk kategori sangat layak. Pengujian efektivitas melalui desain One-Group Pre-test Post-test memperlihatkan peningkatan signifikan nilai rata-rata dari 38,00 menjadi 82,00 dengan skor N-Gain sebesar 0,71 (kategori tinggi) dan nilai signifikansi 0,000. Hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan model TPS efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep abstrak gaya dan gerak. Oleh karena itu, perangkat ini direkomendasikan sebagai inovasi pembelajaran fisika yang menarik dan aplikatif bagi pendidikan menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...