Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 6 No 02 (2025): Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Pemberdayaan Poklahsar Berkah Tiga Dermaga Branta Pamekasan Menuju Akselerasi Peningkatan Omzet Penjualan melalui Pemasaran Digital serta Pengelolaan Manajemen Keuangan

Zakhra, Aminatus (Unknown)
Anwari, Anwari (Unknown)
Wahyurini, Endang Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2025

Abstract

Poklahsar Berkah Tiga Dermaga Pamekasan merupakan kelompok usaha khusus untuk pengolahan dan pemasaran ikan, Kelompok terdari dari 11 anggota dan hasil produksinya sudah cukup banyak, akan tetapi potensi untuk meningkatkan penjualan produk belum cukup memadai dikarenakan minimnya akses pemasaran, sehingga diperlukan akses lebih luas untuk memasarkan produknya selain itu juga didalam pengelolaan keuangan dalam usaha tersebut masih kurang efektif. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan omzet penjualan dan meningkatkan pemahaman akan pengelolaan manajemen keuangan. Metode yang digunakan yakni pretest, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, monitoring dan evaluasi serta Posttest. Hasil menunjukkan bahwa 100% Anggota tergabung dalam komunitas bisnis online atau bermitra dengan platform e-commerce sosial serta memiliki Website Poklahsar dan 81,81% Peserta bisa membuat laporan keuangan sederhana (arus kas, labarugi) dalam post-post secara manual maupun digital. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan Poklahsar ini bisa menuju AKselarasi Peningkatan omzet penjualan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

darmabakti

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal elektronik maupun cetak. Junal ini berisi hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang merupakan hilirisasi dari hasil penelitian diberbagai macam bidang ilmu diantaranya Agama, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, ...