EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 5 (2025): Oktober

Pengembangan E-Modul Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pada Siswa SMA kelas XI

Miraza, Syafrila Aini (Unknown)
Dalimunte, Elvina Yanti Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Materi mengenai struktur dan fungsi jaringan tumbuhan adalah salah satu satu topik biologi yang sulit dipahami siswa karena bersifat abstrak dan memerlukan visualisasi yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan e-modul interaktif yang memenuhi syarat. digunakan sebagai media belajar alternatif untuk siswa SMA kelas XI. Pengembangan e-modul ini memadukan konten visual, video penjelasan, hingga evaluasi interaktif mandiri secara komprehensif untuk materi jaringan Oleh karena itu, hal ini memberikan pengalaman belajar yang lebih berarti. Penelitian ini menerapkan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang dibatasi pada tahap define, design, dan development. Hasil dari uji validasi menunjukkan bahwa e-modul memperoleh nilai kelayakan sangat baik dari ahli materi (86,84%) dan ahli media (79,16%). Aspek isi dan kebahasaan dinilai sangat baik, sedangkan penyajian, konsistensi desain, dan kebermanfaatan masih perlu ditingkatkan. E-modul ini dinilai mudah digunakan dan berpotensi mendorong pembelajaran mandiri yang efektif. E-modul ini juga dianggap bermanfaat sebagai referensi ajar bagi guru biologi dalam menerapkan pembelajaran berbasis teknologi. Secara keseluruhan, e-modul ini layak digunakan dan berpotensi meningkatkan pengetahuan siswa pada topik yang kompleks melalui pendekatan pembelajaran visual dan interaktif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...