EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 5 (2025): Oktober

Pengaruh Penggunaan Media Audio-visual terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar

Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Suryantari, Hadna (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Pembelajaran matematika yang dianggap sulit, monoton, serta kurangnya media pembelajaran membuat siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh media audio-visual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Winongo Bantul. Metode penelitian kuantitatif quasi-eksperimen digunakan dengan melibatkan 24 siswa kelas eksperimen (5A) yang belajar menggunakan media audio-visual dan 21 siswa kelas kontrol (5B) menggunakan e-book buku siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk melihat motivasi belajar siswa. Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,008 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen (76,31%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (70,67%). Kesimpulan penelitian adalah media audio-visual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Winongo Bantul

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...