Pembelajaran matematika yang dianggap sulit, monoton, serta kurangnya media pembelajaran membuat siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan pengaruh media audio-visual terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Winongo Bantul. Metode penelitian kuantitatif quasi-eksperimen digunakan dengan melibatkan 24 siswa kelas eksperimen (5A) yang belajar menggunakan media audio-visual dan 21 siswa kelas kontrol (5B) menggunakan e-book buku siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Observasi untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran dan angket untuk melihat motivasi belajar siswa. Hasil analisis independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,008 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen (76,31%) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (70,67%). Kesimpulan penelitian adalah media audio-visual memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas V SDN Winongo Bantul
Copyrights © 2025