Optimalisasi penjualan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui ekonomi digital dengan memanfaatkan platform online telah menjadi strategi penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis di era digital saat ini. Dengan mengadopsi teknologi digital, UMKM dapat mengakses berbagai alat pemasaran, seperti media sosial dan marketplace yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi langsung dengan konsumen serta mempromosikan produk secara lebih efektif. Pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk 3 UMKM binaan Dinas Koperasi Kota Salatiga dengan tujuan untuk membantu promosi penjualan produk UMKM tersebut secara optimal, baik melalui media sosial maupun marketplace. Hasilnya, ketiga UMKM menunjukan peningkatan keterampilan dalam hal pemasaran digital. Program ini diharapkan mampu membantu para UMKM mengembangkan bisnis UMKM dan pada akhirnya mendukung perekonomian yang ada di Salatiga.
Copyrights © 2025