Kemampuan numerasi merupakan kompetensi dasar yang penting dikembangkan sejak pendidikan dasar. Namun, hasil observasi menunjukkan bahwa banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep numerasi, terutama pada materi pecahan. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Team Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Wordwall dan Quizizz terhadap kemampuan numerasi siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek siswa kelas V SDN 17 Singkawang. Instrumen penelitian meliputi tes numerasi, angket minat belajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas (Chi-Kuadrat) dan homogenitas (Harley). Analisis data dilakukan dengan paired sample t-test, effect size, dan analisis persentase. Hasil menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada kelas kontrol, sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan (thitung = 8,28 > ttabel = 2,04) dengan nilai effect size sebesar 1,05 (kategori tinggi). Minat belajar siswa juga tinggi (82,72%) dan keterlaksanaan pembelajaran sangat baik (95,8%). Model TGT terbukti efektif meningkatkan kemampuan numerasi dan minat belajar siswa.
Copyrights © 2025