Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep sistem tata surya yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar . Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan game edukasi Qreatif Educative terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD pada mata pelajaran IPAS. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental tipe one group pre-test post-test yang melibatkan 13 siswa SD Mahkota Kelir Samarinda. Instrumen penelitian mencakup tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, ditunjukkan oleh rata-rata nilai pre-test 51,03 yang meningkat menjadi 91,28 pada post-test. Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dan perhitungan N-Gain sebesar 0,83 termasuk kategori tinggi. Instrumen pre-test dan post-test memperoleh skor validasi 3,5–4,0 yang menegaskan kelayakan soal. Temuan ini membuktikan bahwa Qreatif Educative berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sekaligus memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Media berbasis game edukasi interaktif dapat dijadikan alternatif strategis dalam mendukung pemahaman konsep abstrak, khususnya pada materi sistem tata surya.
Copyrights © 2025