JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Game Edukasi Qreatif Educative terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya

Aurora Nayeli Willem (Unknown)
Erna Suhartini (Unknown)
Rosita Putri Rahmi Haerani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep sistem tata surya yang bersifat abstrak, sehingga diperlukan media pembelajaran inovatif yang mampu meningkatkan hasil belajar . Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penggunaan game edukasi Qreatif Educative terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD pada mata pelajaran IPAS. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental tipe one group pre-test post-test yang melibatkan 13 siswa SD Mahkota Kelir Samarinda. Instrumen penelitian mencakup tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan, ditunjukkan oleh rata-rata nilai pre-test 51,03 yang meningkat menjadi 91,28 pada post-test. Uji Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dan perhitungan N-Gain sebesar 0,83 termasuk kategori tinggi. Instrumen pre-test dan post-test memperoleh skor validasi 3,5–4,0 yang menegaskan kelayakan soal. Temuan ini membuktikan bahwa Qreatif Educative berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif sekaligus memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Media berbasis game edukasi interaktif dapat dijadikan alternatif strategis dalam mendukung pemahaman konsep abstrak, khususnya pada materi sistem tata surya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...