Game merupakan sebuah struktur yang memiliki ketentuan, objektif, dan prosedur yang mengikat pemain terlepas dari konsekuensi di dunia nyata. Sebuah game harus menantang, juga menghibur pemain, serta memberikan hasil akhir yang pasti dan terukur seperti menang dan kalah. Game bergenre roguelike memberi tantangan kepada pemain untuk memenangkan permainan dalam sekali coba dan mengulanginya dari awal jika kalah. Dalam game roguelike 2d seperti Vampire Survivor, pergerakan karakter musuh dalam mengejar karakter pemain pada umunya linear dan tak mengenal rintangan yang dapat menghadang arah pengejaran karakter pemain. Metode pathfinding dengan Algoritma A* menjadi standar dalam mengatasi pergerakan karakter dalam game. Tetapi pathfinding statis belum cukup mengatasi pergerakan karakter yang dinamis, maka dalam penelitian ini akan digunakan Unity AI Navigation System bersama ekstensi NavMeshPlus untuk membuat beragam variasi area navigasi NavMesh 2D yang luasnya dinamis saat runtime, kemudian pathfinding karakter musuh yang dinamis dalam mendeteksi rintangan yang ada. Hasil penelitian dengan pembuatan tiga tipe area navigasi grass dan tiga tipe area navigasi sand, penerapan agen navigasi pada karakter pemain dan dua tipe karakter musuh berhasil membuat pergerakan karakter musuh game roguelike survival yang dinamis dalam mengenali rintangan yang berasal dari objek rintangan, area navigasi yang tak bisa dilalui, dan agen navigasi lain
Copyrights © 2025