Proses belajar mengajar sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik dan monoton sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran puzzle pada materi struktur bagian tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 25 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Hasil belajar siswa mendapatkan nilai N-gain 0,69 kategori sedang dengan nilai rata-rata pre-test 35,8 dan nilai rata-rata post-test 80,4. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung = 36,55 > ttabel=1,711). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil belajar, Materi Struktur Bagian Tumbuhan.
Copyrights © 2023