Prosiding Seminar Nasional Biologi, Teknologi dan Kependidikan (Biotik)
Vol. 11 No. 1 (2023): PROSIDING SEMINAR NASIONAL BIOTIK XI 2023

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA MATERI STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Hanim, Nafisah (Unknown)
Eriawati, Eriawati (Unknown)
Syahputra, Rika Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Proses belajar mengajar sudah dilaksanakan dengan baik, namun masih ada siswa yang kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru hal ini disebabkan oleh penggunaan media yang kurang menarik dan monoton sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran puzzle pada materi struktur bagian tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Pre Experiment dengan design one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII, sampel penelitian kelas VIII.5 berjumlah 25 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 25 butir soal. Hasil belajar siswa mendapatkan nilai N-gain 0,69 kategori sedang dengan nilai rata-rata pre-test 35,8 dan nilai rata-rata post-test 80,4. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel (thitung = 36,55 > ttabel=1,711). Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: Media Puzzle, Hasil belajar, Materi Struktur Bagian Tumbuhan. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PBiotik

Publisher

Subject

Dentistry Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan is an open access and peer reviewed journal. It publishes scientific articles in the field of biology education and technology. Furthermore, this journal bridges the gap between research and practice, providing information, ideas and insights, ...