Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran sport education model terhadap peningkatan life skill dalam mata pelajaran pendidikan jasmani kelas X PM I di sekolah SMK Plus Al-Azhar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani. populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X PM (Pemasaran) SMK Plus Al-Azhar adapun rincian populasi kelas ini adalah X PM I berjumlah 42 siswa dan PM II berjumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan total sampling. Metode yang digunakan penelitian ini adalah Metode Eksperimen (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif. Design ini adalah non-equivalent comparison-group. Hasil penelitian ini menunjukan hasil pembelajaran Sport Education Model 0,000 < 0,05 dan hasil pembelajaran langsung 0,000 <0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Sport Education model terhadap peningkatan life skill dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani kelas X PM I di SMK PLUS AL-AZHAR. berdasarkan perhitungan SPSS, nilai rata-rata Gain Score penggunaan model pembelajaran Sport Education Model sebesar 21,27 dan penggunaan model pembelajaran langsung sebesar 18,64. Dengan nilai F sebesar 67,201 dan nilai Sig. Sebesar 0,000. Hasil analisis statistik One Way Anova adalah 0,000 < 0,05 atau Fhitung 67,201 > 3.11. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara penerapan pembelajaran Sport Education Model dibandingkan dengan pembelajaran langsung terhadap peningkatan life skill siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani siswa di SMK PLUS AL-AZHAR.
Copyrights © 2025