MALIH PEDDAS
Vol 14, No 1 (2024): Malih Peddas, Volume 14, Nomor 1

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SD KELAS III MELALUI KOMIK DIGITAL PUPUS PUTUS SEKOLAH SEASON 1 KARYA KURNIA HARTA WINATA

Khotimah, Amanda Khusnul (Unknown)
Putriyanti, Lina (Unknown)
Rahmawati, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar kelas III melalui komik digital Pupus Putus Sekolah Season 1 karya Kurnia Harta Winata di SDN 1 Temulus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari penggalan tuturan tokoh dalam komik, hasil observasi, hasil angket dan hasil wawancara terhadap pendidik, siswa, dan kepala sekolah. Data sekunder dalam penelitian ini bersumber dari hasil dokumentasi, kajian pustaka, dan sumber yang relevan.Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi simak catat, observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data dan sumber data. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Data dianalisis menggunakan  analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui komik digital Pupus Putus Sekolah Season 1 Karya Kurnia Harta Winata dilakukan melalui fase pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran.  Kegiatan membaca komik digital tersebut dilakukan setiap hari rabu dan kamis melalui Gerakan Literasi Sekolah yang dilakukan pukul 06.45-07.30 wib dan dalam penerapannya tidak ada kendala atau  hambatan yang cukup serius.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Komik Digital, Pupus Putus Sekolah

Copyrights © 2024