Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM pada materi IPAS yang layak bagi siswa kelas IV di SDN Karaban 02. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM pada materi IPAS kelas IV dikatakan “Sangat Layakâ€, hal ini berdasarkan nilai persentase validasi oleh ahli media 97,4% dengan kriteria “Sangat Layakâ€, ahli materi 95% dengan kriteria “Sangat Layakâ€, dan ahli praktisi guru 97,2% dengan kriteria “Sangat Layakâ€. Hasil angket respon siswa mencapai nilai persentase 95,3% dengan kriteria “Sangat Baikâ€. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa media pembelajaran monopoli edukatif (MOTIF) QR code berbasis STEAM yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Karaban 02.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli Edukatif (MOTIF), QR Code, STEAM, IPAS
Copyrights © 2024