Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode bernyanyi berbantu media flashcard pada kemampuan membaca permulaan dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-expermental design dengan desain one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 01 Kebondalem Pemalang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang merupakan siswa dan siswi kelas 1 yang diambil dengan menggunakan teknik non probability jenis sampling jenuh. Berdasarkan perhitungan diperoleh rata-rata nilai pretest yaitu 57,00 sedangkan rata-rata nilai posttest yaitu 71,75. Â Pada saat pretest hanya ada 6 siswa yang tuntas dan 14 siswa lainnya belum tuntas dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Setelah dilakukan posttest terdapat kenaikan sebnayak 14 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas dengan ketuntasan klasikal 70%. Hal tersebut diperkuat oleh analisis uji-t dengan perolehan thitung sebesar (7,959) ttabel (1,729) jadi H0 ditolak yang artinya rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan tidak sama. Dari penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode bernyanyi berbantu media flashcard efektif terhadap kemampuan membaca dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SDN 01 Kebondalem Pemalang.Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Media Flashcard, Bahasa Indonesia
Copyrights © 2024