JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Imun di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan

Wahyuni, Wahyuni (Unknown)
Khairuna, Khairuna (Unknown)
Rambe, Riris Nurkholidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Imun di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg and Gall yang disederhanakan menjadi tujuh tahap. Data diperoleh melalui validasi ahli materi, bahasa, dan media, uji kepraktisan, serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat layak digunakan, dengan hasil validasi ahli materi 93%, ahli bahasa 100%, dan ahli media 100%. Uji kepraktisan menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari pretest 48,79 menjadi posttest 75,68, sedangkan uji respon peserta didik sebesar 79% dengan kategori baik. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 01 Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...