JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Yuridis terhadap Pertimbangan Hakim dalam Menjatuhkan Putusan Atas Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Studi Kasus: Putusan PN Medan Nomor 1293/Pid.B/2025/PN Mdn)

Siahaan, Ruth Yessika (Unknown)
Siahaan, Parlaungan Gabriel (Unknown)
Batu, Dewi Pika Lumban (Unknown)
Andini, Salwa (Unknown)
Ningsih, Putri Widia (Unknown)
Sintania, Laras Sati (Unknown)
Philia, Ivana Theo (Unknown)
Sinaga, Reylan Silverius (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis yuridis yang mendalam terhadap Pertimbangan Hakim dalam putusan konkret, yaitu Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 1293/Pid.B/2025/PN Mdn. Kasus ini, yang melibatkan tindakan Pencurian dengan Pemberatan, dipilih sebagai kasus studi untuk menganalisis bagaimana Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Medan merumuskan keyakinan dan pertimbangan hukumnya.Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif yang dilakukan melalui penelusuran bahan-bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Bahan hukum primer yang dimana meliputi peraturan perundang-undangan, doktrin, serta putusan pengadilan yang relevan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa putusan dapat dikatakan telah mencerminkan keseimbangan antara asas keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan sebagaimana dikemukakan oleh Gustav Radbruch. Hakim berhasil menerapkan hukum positif dengan benar (kepastian), menjatuhkan hukuman yang sepadan (keadilan), dan memperhatikan kondisi sosial serta usia pelaku (kemanfaatan). Dengan demikian kesimpulan dari pada penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis terhadap Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 1293/Pid.B/2025/PN Mdn, mengenai tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dapat disimpulkan bahwa pertimbangan hakim telah mencerminkan penerapan hukum yang adil, proporsional, dan humanis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...