JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Perancangan Sistem Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya Menggunakan Timer RTC Berbasis Esp32 di Jalan Kampung Sarirejo

Reziqna, Ayu Rahma (Unknown)
Yuwono, Teguh (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Penerangan jalan yang kurang efisien di Kampung Sarirejo disebabkan oleh penggunaan sensor gerak yang sering mengalami kesalahan deteksi, sehingga lampu menyala atau mati tidak sesuai kebutuhan. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan sistem penerangan jalan umum tenaga surya berbasis Internet of Things (IoT) menggunakan ESP32 dan Real-Time Clock (RTC) DS3231 sebagai pengatur waktu otomatis. Sistem ini memungkinkan lampu menyala pada malam hari dan padam di pagi hari tanpa ketergantungan pada sensor gerak. Data operasional sistem dikirim ke platform Blynk untuk pemantauan dan pengendalian jarak jauh melalui aplikasi smartphone. Penelitian ini dilakukan dengan menempatkan sistem di Jalan Kampung Sarirejo selama tujuh hari untuk menguji keandalan sistem dalam mengoptimalkan efisiensi energi dan pencahayaan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menyediakan sistem penerangan yang hemat energi, dapat dikendalikan secara otomatis, dan lebih efisien dibandingkan metode konvensional. Sistem penerangan berbasis ESP32, RTC DS3231, dan LDR berhasil menyalakan lampu otomatis pada malam hari dan mematikannya pagi hari dengan akurasi yang tinggi. Hasil uji 7 hari menunjukkan durasi nyala rata-rata 12 jam per hari dengan konsumsi energi stabil sekitar 180 Wh, lebih efisien dibanding sistem lama berbasis sensor gerak. Integrasi aplikasi Blynk berjalan 100% berhasil, memudahkan pemantauan dan kontrol real-time, baik otomatis maupun manual. Diharapkan, sistem ini dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan efisiensi penggunaan energi listrik di wilayah tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...