JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Perancangan Program Pembinaan serta Mengaplikasikan Kegiatan di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak II Jakarta

Rafiriswaji , Daffa Irsyaad (Unknown)
Subroto, Mitro (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Program Pelita Warna 2025 merupakan bentuk pengabdian masyarakat berbasis partisipatif yang dilaksanakan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan program pembinaan yang relevan bagi anak binaan dengan pendekatan kontekstual, psikososial, dan keterampilan vokasional. Masalah utama yang melatarbelakangi kegiatan ini meliputi minimnya akses pembinaan yang sesuai kebutuhan anak, keterbatasan sarana prasarana, dan tantangan psikologis anak binaan. Metode pelaksanaan kegiatan dimulai dengan observasi, asesmen kebutuhan, koordinasi dengan pihak LPKA dan mitra, penyusunan program, hingga pelaksanaan dan evaluasi. Program-program yang diterapkan meliputi pelatihan barbershop, literasi kreatif, pendampingan psikologi, dan pelatihan kerja siap pakai. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif melalui pendekatan kualitatif dan deskriptif, menggunakan indikator keterlibatan, perubahan sikap, peningkatan keterampilan, dan hasil karya anak binaan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri, kesadaran diri, kemampuan teknis, serta motivasi anak binaan untuk hidup mandiri. Program ini dinilai berhasil membentuk ruang aman dan suportif yang mendorong transformasi positif peserta. Ke depan, model ini memiliki potensi untuk direplikasi di lembaga lain sebagai wujud pembinaan humanis dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...