Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 132 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung (4,474) > ttabel (1,978). Lingkungan belajar berpengaruh negatif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai |thitung| (3,512) > ttabel (1,978). Kebiasaan belajar dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi Y = 50,967 + 0,808X1 – 0,601X2. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa kedua variabel bebas secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 79,3% terhadap variasi prestasi belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian. Uji hipotesis diperoleh nilai Fhitung (246,425) > Ftabel (3,070).
Copyrights © 2025