JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pemanfaatan ChatGPT sebagai Alat Bantu Belajar Mandiri (Studi Kasus Mahasiswa FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)

Widodo, Haryanto Kanthi (Unknown)
Muna, Shovil (Unknown)
Andrean, Rizky (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Peningkatan pesat Artificial Intelligence (AI) generatif, khususnya ChatGPT, telah mengubah praktik belajar mandiri di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan menganalisis pola pemanfaatan serta mengidentifikasi fungsi, manfaat, dan tantangan etika penggunaan ChatGPT oleh mahasiswa FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi lapangan melalui wawancara mendalam, analisis data dilakukan secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memanfaatkan ChatGPT sebagai scaffolding digital dan asisten kognitif dalam tugas bervalensi rendah, seperti peringkasan materi dan penyusunan kerangka tugas. Manfaat utamanya adalah efisiensi waktu dan ketersediaan umpan balik instan. Tantangan krusial yang teridentifikasi dari pemanfaatan ChatGPT meliputi isu akurasi data dan masalah otentisitas karya akademik. Adopsi ChatGPT menuntut intervensi institusional dari lembaga untuk mengawasinya. Sehingga, FTIK perlu merumuskan Pedoman Etika Akademik AI dan inovasi asesmen berbasis proses untuk memastikan pemanfaatan teknologi yang bertanggung jawab.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...