JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Evaluasi Kontribusi Kindness Strategy dan Sistem Reward and Punishment terhadap Iklim Sekolah yang Inklusif dan Kualitas Interaksi Sosial antar Siswa: Studi Literatur

Nursalim, Nursalim (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2025

Abstract

Membangun iklim sekolah inklusif sering terhambat oleh kompleksitas interaksi sosial, seperti pengucilan, kurangnya empati, dan perbedaan perspektif yang menurunkan kualitas hubungan sosial antar siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis kontribusi Strategi Kindness dan Sistem Reward and Punishment (R&P) dalam membangun iklim sekolah inklusif serta meningkatkan kualitas interaksi sosial siswa. Fokus kajian diarahkan pada kebutuhan menciptakan lingkungan belajar yang aman, menghargai keberagaman, dan bebas dari perilaku eksklusif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka melalui analisis literatur ilmiah dan dokumen akademik lima tahun terakhir. Hasil menunjukkan Strategi Kindness memiliki pengaruh lebih komprehensif dan berkelanjutan dalam membentuk budaya sekolah yang empatik dan bernilai, sedangkan R&P efektif menjaga disiplin eksternal namun berisiko menurunkan motivasi intrinsik bila tidak proporsional. Temuan ini memperkaya teori pendidikan karakter dan menjadi dasar praktis pengintegrasian nilai Kindness dalam kebijakan, kurikulum, serta pengembangan profesional guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...