JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Payakumbuh

Fikri, Devisa Amalia (Unknown)
Illahi, Ilham (Unknown)
Izmuddin, Iiz (Unknown)
Alfin, Aidil (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas dan kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan dalam Pendapatan Asli Daerah Kota Payakumbuh selama periode 2019 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer dan sekunder untuk menganalisis efektivitas dan kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan dalam Pendapatan Asli Daerah di Kota Payakumbuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan mengalami fluktuasi dengan rata-rata efektivitas mencapai 96,94%. Namun, kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan terhadap Pendapatan Asli Daerah masih tergolong rendah, berkisar antara 1,50% hingga 2,25%. Kendala yang dihadapi dalam pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan meliputi ketidakakuratan data objek pajak, kesulitan dalam menghubungi wajib pajak, dan minimnya penerapan sanksi. Temuan ini menunjukkan perlunya upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan melalui kerja sama dengan kelurahan, sosialisasi, dan inovasi sistem pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard. untuk mengoptimalkan potensi pendapatan daerah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya perbaikan dalam pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan untuk meningkatkan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...