Pembelajaran yang efektif memerlukan pemahaman mendalam tentang tantangan yang dihadapi oleh guru. Identifikasi permasalahan ini penting untuk mengembangkan strategi dan solusi yang dapat meningkatkan kondisi pembelajaran. Situasi geografis dan kondisi mitra (SIKL) dapat mempengaruhi pengalaman guru dalam menghadapi tantangan tersebut, termasuk keterbatasan sumber daya finansial dan fisik, seperti buku teks, perlengkapan laboratorium, dan fasilitas olahraga.Pelatihan guru sebagai agen perubahan melalui pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka dalam era Society 5.0 merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Seminar yang difokuskan pada konsep pembelajaran berbasis proyek dapat memperkenalkan metode inovatif yang membantu siswa menghadapi tuntutan masyarakat modern dan mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti kreativitas, kolaborasi, dan pemecahan masalah. Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Prodi Pendidikan Bisnis FEB Universitas Negeri Surabaya bertujuan untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek di Indonesia. Metode ini memungkinkan siswa terlibat aktif dalam proses belajar dan meningkatkan keterampilan mereka. Pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru melalui workshop, seminar, dan mentoring dapat memperkaya pengalaman mereka, berbagi strategi terbaik, dan memperoleh wawasan baru yang dapat diterapkan dalam kelas. Dukungan dari institusi pendidikan dan penyedia sumber daya juga sangat penting dalam meningkatkan kompetensi guru.
Copyrights © 2025