Jurnal Seni dan Pembelajaran
Vol 13, No 3 (2025): Jurnal Seni dan Pembelajaran

PENERAPAN METODE BRAIN DANCE PADA PEMBELAJARAN GERAK TARI LAMPUNG DI SD NEGERI 5 TALANG TELUK BETUNG SELATAN

Sari, Bela Rahma (Unknown)
Daryanti, Fitri (Unknown)
Juwita, Dwi Tiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang, Teluk Betung Selatan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Brain Dance pada gerak dasar tari Lampung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD Negeri 5 Talang yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obervasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari guru  dan peserta didik kelas 2. Penelitian ini  menerapkan delapan pola gerak pada metode Brain Dance yaitu: Pernafasan (Breath), Sentuhan-Taktil (Tactile- Touch), Inti-Distal (Core-Distal), Kepala-Kaki (Head Tile), Atas- Bawah (Upper Lower), Tubuh Terhenti (Body Halt), Melintang Silang (Cross Literal), dan Ruang Depan (Vestibular). Penerapan delapan pola gerak pada metode Brain Dance diatas,dimodifikasi dengan gerak dasar tari Lampung yaitu tari Sigeh Pengunten, Bedana, dan Nyambai Kipas. Hasil penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang Teluk Betung Selatan menghasilkan peserta didik mampu mengikuti gerak tari Lampung yang telah dimodifikasi dengan metode Brain Dance. Proses penerapan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Namum peserta didik  masih kesulitan dalam melakukan gerak Ayun dengan teknik Melintang Silang (Cross Literal), dan gerak Gelek dengan teknik Ruang Depan (Vestibular).Kata Kunci : Metode Brain Dance, Pembelajaran, gerak dasar tari Lampung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Arts Education Social Sciences Other

Description

SP is a journal containing the results of research/non-research studies related to arts, including fine arts, performing arts, the arts of film, and also about arts education. JSP is a collection of research, literal study, performing art review, art studies, and critical study in Indonesia. JSP is ...