Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang, Teluk Betung Selatan. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Brain Dance pada gerak dasar tari Lampung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 SD Negeri 5 Talang yang berjumlah 30 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obervasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari guru dan peserta didik kelas 2. Penelitian ini menerapkan delapan pola gerak pada metode Brain Dance yaitu: Pernafasan (Breath), Sentuhan-Taktil (Tactile- Touch), Inti-Distal (Core-Distal), Kepala-Kaki (Head Tile), Atas- Bawah (Upper Lower), Tubuh Terhenti (Body Halt), Melintang Silang (Cross Literal), dan Ruang Depan (Vestibular). Penerapan delapan pola gerak pada metode Brain Dance diatas,dimodifikasi dengan gerak dasar tari Lampung yaitu tari Sigeh Pengunten, Bedana, dan Nyambai Kipas. Hasil penerapan metode Brain Dance pada pembelajaran gerak dasar tari Lampung di SD Negeri 5 Talang Teluk Betung Selatan menghasilkan peserta didik mampu mengikuti gerak tari Lampung yang telah dimodifikasi dengan metode Brain Dance. Proses penerapan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Namum peserta didik masih kesulitan dalam melakukan gerak Ayun dengan teknik Melintang Silang (Cross Literal), dan gerak Gelek dengan teknik Ruang Depan (Vestibular).Kata Kunci : Metode Brain Dance, Pembelajaran, gerak dasar tari Lampung.
Copyrights © 2025