LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 15 No. 2 (2025): November 2025

KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PENGERJAAN PEKERJAAN RUMAH (PR) MATA PELAJARAN IPA SISWA

Mustakim, Mustakim (Unknown)
Sriwahyuni, Titi (Unknown)
Abidah, Dinah (Unknown)
Aksa, Moh. (Unknown)
Alajai, Rafly (Unknown)
Ratmi, Ratmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Kerja sama guru dan orang tua dalam meningkatkan pengerjaan pekerjaan rumah (PR) mata pelajaran IPA siswa. Penelitian ini meneliti pengaruh kolaborasi guru dan orang tua terhadap peningkatan pengerjaan PR IPA siswa di MTs Negeri 2 Tolitoli. Metode kuasi-eksperimen dengan desain nonequivalent control group digunakan, melibatkan kelas eksperimen (intervensi kunjungan rumah dan komunikasi guru-orang tua) dan kelas kontrol (tanpa intervensi). Data dikumpulkan melalui tes tertulis dan wawancara. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Z hitung kelas eksperimen (-4,672) lebih signifikan dibanding kelas kontrol (-3,526), membuktikan perbedaan peningkatan pengerjaan PR IPA setelah intervensi. Temuan ini menegaskan bahwa kolaborasi guru-orang tua berkontribusi positif dalam meningkatkan tanggung jawab dan kinerja akademik siswa, terutama melalui dukungan orang tua dalam memantau tugas. Penelitian juga menyoroti pentingnya peran aktif orang tua dalam menciptakan lingkungan belajar kondusif. Simpulannya, strategi kolaboratif ini efektif sebagai model peningkatan hasil belajar dan dapat diadaptasi untuk konteks pembelajaran serupa.

Copyrights © 2025