Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi
Vol. 8 No. 4 (2025): Agustus - Oktober

Pengaruh Transparansi dan Promosi Terhadap Minat Pelaku UMKM Menggunakan Produk Pembiayaan Perbankan Syariah di Kota Medan

Azuwan, Devri (Unknown)
Kamilah, K (Unknown)
Nurul Inayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh transparansi dan promosi terhadap minat pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam menggunakan produk pembiayaan perbankan syariah di Kota Medan. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling yang melibatkan 60 pelaku UMKM dari total populasi 38.343 unit usaha. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transparansi dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pelaku UMKM dalam menggunakan produk pembiayaan perbankan syariah. Transparansi dan promosi berkontribusi sebesar 82,8% terhadap minat pelaku UMKM, sedangkan 17,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Keterbukaan informasi mengenai akad, biaya, dan kepatuhan syariah meningkatkan rasa aman pelaku usaha, sedangkan promosi yang persuasif dan informatif memperkuat minat mereka terhadap pembiayaan syariah. Penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan transparansi dan strategi promosi berkelanjutan untuk memperluas partisipasi UMKM dalam sistem pembiayaan syariah yang inklusif dan berkelanjutan. Dengan demikian, perbankan syariah dapat meningkatkan kepercayaan dan minat pelaku UMKM dalam menggunakan produk pembiayaan syariah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PARADOKS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, kajian teori dan aplikasi teori, gagasan konseptual, resensi buku baru dan bibliografi. Tulisan-tulisan yang dimuat telah melalui proses penyuntingan seperlunya oleh penerbit dengan tanpa mengubah substansi sesuai naskah aslinya. ...