Mudahnya akses dan efisiensi waktu yang didapatkan menjadikan online shopping menjadi tempat memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga semakin beragam. Setiap Tahun terdapat peningkatan pengguna online shop baik sebagai seller maupun konsumen. Salah satu perilaku konsumen yang sering terjadi pada generasi Z saat ini yaitu impulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang memengaruhi perilaku impulsive buying pada generasi Z pengguna aplikasi marketplace Shopee. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Juni 2022 di Kota Palu. Penentuan menggunakan aplikasi Shopee dikarenakan aplikasi ini merupakan e-commerce paling populer diantara aplikasi sejenis lainnya. Penentuan responden dilakukan dengan sengaja (purposive sampling) menggunakan media online sebagai sarana peneyeberan kuesioner. Faktor yang digunakan pada penelitian ini yaitu Karakteristik produk, Kualitas pelayanan toko, Promosi, dan Money availability. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier berganda dengan menggunakan program pengolah data SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan antara impulsive buying dengan faktor-faktor yang digunakan. Serta sebesar 50.9 % faktor yang digunakan pada penelitian ini memengaruhi impulsive buying pada generasi Z dan 49.1 % dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2025