Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI
Vol 10, No 2 (2025): Oktober

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Genially Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di SDN 01 Gumawang

Aini, Shela Quratul (Unknown)
Pertiwi, Ratih Purnama (Unknown)
Niam, Ahmad Ulin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengidentifikasi pengembangan sumber belajar interaktif berbasis web Genially untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 01 Gumawang; (2) mengevaluasi kelayakan dan validasi bahan belajar interaktif berbasis web Genially untuk mata pelajaran tersebut; dan (3) menilai efektivitas media dalam proses pembelajaran. Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi adalah lima tahap model ADDIE, yang merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa, dengan skor validasi sebesar 88% dari ahli media dan 89,33% dari ahli materi, secara umum bahan belajar interaktif berbasis web dianggap sangat layak untuk digunakan. Nilai N-Gain dan tanggapan angket dari guru dan siswa menunjukkan efikasi media. Dengan nilai N-Gain sebesar 0,5, hal itu jatuh ke dalam rentang sedang. 90% tanggapan mahasiswa masuk dalam kategori "sangat praktis", sementara 90,66% tanggapan dosen masuk dalam kategori "praktis". Hal ini menunjukkan betapa ramah pengguna, bermanfaat, dan suksesnya sumber belajar interaktif berbasis web Genially dalam membantu proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ibtidaiy

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Ruang lingkup Al ibtida: jurnal pendidikan guru MI adalah: Desain kurikulum MI/SD pembelajaran (Math, Science, IPS, Civicus, English, Indonesia, Islamic Education, Art dan Local Content) dalam MI/SD Media dan alat peraga pendidikan dalam belajar di MI/SD strategi pembelajaran dalam MI/SD kompetensi ...