Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): Oktober

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VIII

Berutu, Agnes Meilita Br (Unknown)
Butarbutar, Imelda H.D. (Unknown)
Lumbanraja, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Secara khusus, indikator Bekerja secara produktif, berkontribusi secara aktif dan tangungg jawab. Dari hasil pengujian korelasi diperoleh (r) 0,51 dengan uji determinasi sebesar 26,01 %. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (2,69 > 2,06), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan adanya keterkaitan antara pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...