Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 25 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala Likert yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Secara khusus, indikator Bekerja secara produktif, berkontribusi secara aktif dan tangungg jawab. Dari hasil pengujian korelasi diperoleh (r) 0,51 dengan uji determinasi sebesar 26,01 %. Dari hasil pengujian diperoleh t_hitung > t_tabel (2,69 > 2,06), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan adanya keterkaitan antara pengaruh model pembelajaran Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berkolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis
Copyrights © 2025