JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 6 No. 4 (2025)

Optimasi Digitalisasi Pengaduan dan Layanan Publik Berbasis Web pada Kalurahan Purwobinangun

Dina Maulina (Unknown)
Istiqomah, Dewi Anisa (Unknown)
Hajar Sugiarsi (Unknown)
Mohammad Dicky Darmawan (Unknown)
Mohd Asrudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Kalurahan Purwobinangun menghadapi permasalahan dalam pengelolaan pengaduan masyarakat yang masih mengandalkan metode konvensional melalui aplikasi pesan instan dan pencatatan manual. Kondisi ini menimbulkan risiko kehilangan data, keterlambatan respons, dan menurunnya efisiensi pelayanan. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mengembangkan aplikasi pengaduan dan layanan publik berbasis web untuk meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan transparansi pelayanan desa. Metode pelaksanaan meliputi observasi dan identifikasi masalah, analisis kebutuhan, penyusunan product backlog, perancangan sistem, pembangunan aplikasi, pengujian, sosialisasi, pelatihan, implementasi, dan evaluasi. Sistem yang dikembangkan memiliki fitur pengaduan daring, pengajuan layanan publik, manajemen dokumen digital, notifikasi, pencarian layanan, serta dashboard admin. Hasil implementasi menunjukkan sistem ini mampu meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan transparansi layanan publik di Kalurahan Purwobinangun.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurpikat

Publisher

Subject

Dentistry Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

JURPIKAT Publication (Journal of Community Service) is a source of information that aims to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service. JURPIKAT (Journal of Community Service) specifically focuses on the main problems in ...